Strategi Investasi Emas bagi Pemula


Strategi investasi emas bagi pemula - Investasi emas merupakan salah satu investasi yang menarik. Asalkan punya modal, investasi ini bisa dilakukan, bagi pemula sekalipun. Bentuk emas yang dijadikan investasi juga bermacam-macam, salah satunya adalah emas batangan.

Berikut ini adalah strategi investasi emas bagi pemula :

1. Strategi investasi emas jangka pendek
Bagi yang ingin melakukan investasi emas tapi belum cukup uang, strategi yang perlu dilakukan adalah menabung uang hingga cukup untuk membeli emas. Misalnya, harga emas adalah Rp 500.000 per gram dan ingin membelinya 5 gram. Dana yang dibutuhkan adalah Rp 2,5 juta. Setelah mempunyai dana tersebut, langkah selanjutnya adalah membeli emas yang bisa dibeli di PT Aneka Tambang Tbk atau toko emas lainnya yang mempunyai sertifikat dari PT ANTAM.

Bagi orang yang ingin melakukan investasi emas tapi uangnya pas-pasan, strategi investasi yang dapat dilakukan adalah dengan membeli emas saat harganya rendah kemudian menjualnya ketika harganya tinggi. Tentu saja setelah mempunyai dana darurat sebesar beberapa kali pengeluaran sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Membeli emas ketika ada uang, simpan secara aman lalu jual ketika diperlukan. Dengan melakukan stratetegi ini, semakin banyak emas batangan, semakin tinggi juga kemugkinan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas.

2. Strategi investasi emas jangka panjang
Kalau yang sebelumnya adalah strategi investasi emas untuk jangka pendek, yang kedua ini adalah strategi investasi emas untuk jangka panjang.

a. Memiliki uang berlebih
Strategi membeli emas ketika harganya rendah kemudian menjualnya ketika harganya tinggi bisa diterapkan. Strategi ini butuh analisa yang tepat dan mencari waktu yang tepat, yaitu ketika harga emas turun. Jika harga emas naik terus, strategi yang bisa dilakukan adalah punya uang untuk dagang. Dengan melakukan strategi ini, seseorang bisa mendapatkan keuntungan di samping adanya risiko untuk nombok.

b. Punya uang untuk dagang
Strategi selanjutnya yang bisa diterapkan dalam melakukan investasi emas adalah punya uang untuk dagang. Tentu saja, setelah terlepas dari semua kebutuhan sehari-hari. Dengan asumsi harga emas yang cenderung naik, maka selain membeli emas, Anda perlu dana tunai untuk biaya emas di pegadaian. Keuntungan dari selisih antara membeli, menggadaikan, lalu membeli lagi bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan daripada hanya membeli emas ketika punya uang, simpan secara aman dan menjualnya ketika diperlukan.

Itulah beberapa strategi investasi emas bagi pemula. Bagaimanapun juga, investasi ini tetap mengandung risiko. Harga emas yang cenderung naik bukan berarti harga emas selalu naik, ada kalanya harga emas bisa mengalami penurunan.

Sponsored Links:

{ 10 komentar... read them below or add one }

Bram ray mengatakan...

lebih menguntungkan mana? inves dalam bentuk batangan atau inves dlm bntuk mas perhiasan?

Novian21 mengatakan...

@Bram ray: lebih menguntungkan investasi dalam bentuk emas batangan. Tetapi bukan berarti investasi emas bentuk perhiasan tidak menguntungkan lho, asal jumlahnya banyak tentunya, hehehe....

cincin kawin mengatakan...

lebih ke batangan..

NIKEN DWI RAHAYU mengatakan...

Mau tanya nih, lebih untung mana jika invest 4 batang emas 25 gram atau 1 batang 100 gram

Anonim mengatakan...

kalo di bank ada gak klo mau investasi emas ..

Alice W Audrey mengatakan...

emas yg 25 gram dikenakan biaya admin ketika anda menjual kembali sedangkan emas 100 gram tidak di kenakan biaya admin

Anonim mengatakan...

sama aja untungnya kalo gitu :D

Dian Sastro mengatakan...

Aku sih rugi semua. LM dan perhiasan terpaksa dijual dg harga yang lebih rendah waktu beli. padahal beli tahun 2011, smpe skrg ga untung-untung investasi emas

Anonim mengatakan...

lebih untung 100 gram karna biaya pembuatan yg di kenai utk 100 gr hanya 1 sedangkan 25 gram 4 btang...

Andra Andra Mandra mengatakan...

Wah bisnis kecil kecilan bisa buat hiburan

Poskan Komentar