Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih


Perbedaan Emas Kuning dan Emas Putih - Emas merupakan salah satu jenis logam. Logam yang dikenal dengan logam mulia ini merupakan logam dengan simbol Au yang memiliki nomor atom 79. Emas murni memiliki warna kuning mengkilat. Emas murni lebih keras bila dibandingkan dengan timah dan tidak lebih keras bila dibandingkan dengan perak. Emas murni sangat jarang digunakan sebagai perhiasan. Agar lebih keras, emas murni perlu ditambahkan logam-logam lain. Jenis logam yang ditambahkan adalah logam yang tidak mengubah kilau emas secara signifikan. Jenis logam yang ditambahkan tersebut juga tidak menjadikan emas rapuh.

Pada emas dikenal dengan istilah karat. Karat merupakan tingkat kemurnian emas. Tingkat kemurnian emas murni adalah 24 karat. Bila emas memiliki 18 karat, berarti emas tersebut memiliki 18/24 bagian emas atau 75 persen emas dan sisanya logam lain. Bila emas memiliki 14 karat, maka emas tersebut memliki 14/24 emas, atau 58,33 persen emas dan sisanya logam lain.

Logam-logam yang lazim ditambahkan pada emas murni adalah perak, Zinc, nikel, palladium dan tembaga. Emas murni yang ditambahkan logam lain dapat mengalami perubahan kilauan dan warna emas. Bila emas murni dicampur perak maka akan menghasilkan efek visual warna hijau, dicampur nikel akan menghasilkan warna putih dan bila dicampur dengan tembaga maka akan menghasilkan warna merah.


Emas putih yang ada di pasaran yang banyak diminati adalah emas putih dari emas murni yang dicampur dengan nikel. Hal ini karena campuran emas murni dan nikel lebih murah daripada campuran emas murni dan palladium.

Apa perbedaan emas kuning dan emas putih ?

Perbedaan antara emas kuning dan emas putih terletak pada logam yang dicampurkan. Emas kuning merupakan emas murni yang dicampur dengan perak sedangkan emas putih merupakan emas murni yang dicampur dengan nikel. Karena sifat yang berbeda, umumnya harga emas putih lebih mahal dibandingkan dengan emas kuning.

Jadi, emas kuning dan emas putih bukan merupakan logam berbeda namun merupakan emas yang berbeda. Keduanya sama-sama emas. Perbedaan emas kuning dan emas putih adalah hanya pada logam yang dicampurkan yang berbeda.

UPDATE 06 Januari 2013
Ada komentar yang berisi koreksi dari tulisan saya di atas :

"Wah kacau, emas putih itu platina, platinum logam yg berbeda dengan emas kuning atau aurum" from anonim

"artikel yg kacau, emas kuning aurum periodik unsurnya 79 kalau emas putih beda bukan aurum tp platina periodik unsurnya 78.. dimana mana juga harga emas putih lebih mahal daripada emas kuning coba aza cek di toko emas" from anonim

Perlu saya jelaskan bahwa tulisan saya di atas saya ambil dari berbagai sumber di internet. Btw terima kasih banyak atas koreksinya, dan saya rasa tidak apa apa jika anda menuliskan nama. Komentar yang berisi koreksi, membangun dan positif tidak akan saya hapus kok asalkan bukan komentar spam.

Sekali lagi terima kasih atas koreksinya :)

Sponsored Links:

{ 47 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Wah kacau, emas putih itu platina, platinum logam yg berbeda dengan emas kuning atau aurum.

Anonim mengatakan...

artikel yg kacau, emas kuning aurum periodik unsurnya 79 kalau emas putih beda bukan aurum tp platina periodik unsurnya 78.. dimana mana juga harga emas putih lebih mahal daripada emas kuning coba aza cek di toko emas

Novian21 mengatakan...

Terima Kasih atas koreksinya...

Bram ray mengatakan...

keep posting n berbagi ilmu

Anonim mengatakan...

bila ingin emas putih dgn kwalitas bagus, campuran nya pake platinum. mk harga beli n jual akan sangat stabil. ( beda yg beredar di indo, kebnyakan kita beli lbh mahal dr emas kuning tapi jual nya murah dr emas kuning pula. itu di karenakan campuran yg di gunakan tak seharrusnya.

Anonim mengatakan...

Maaf, saya kok malah ragu kalau emas putih itu adalah platina. Mungkin saja itu hanya istilah. Maksud saya, di dunia perlogaman, mungkin yang dimaksud dengan "emas putih" adalah platina. (yaah kurang lebih mirip dengan penggunaanistilah "emas hitam" untuk minyak bumi). Nah, sementara yang dibahas penulis adalah "emas". Benda yang sering diperjualbelikan di toko perhiasan ataupun di toko tertentu untuk emas 24 karat. Karena, kalau emas putih yang dijual di toko emas adalah platina maka nggak akan ada orang yang mau beli, termasuk saya hehehehe.....

Anonim mengatakan...

klo bulan ini harga emas putih yg 22 karat,brpa ya

Anonim mengatakan...

bulan ini harga emas putih 390.000/gram belum termasuk ongkos bikin,, biasanya 20% dari harga emas itu sendiri..

Anonim mengatakan...

anonim sok tahu juga ah platina ya platina bukan emas ,emas putih dan kuning emas yg di campur dg bahan berbeda tp dominan emasnya makanya di sebut emas

Anonim mengatakan...

Biasanya kita sebut putihan atau kuningan (dari warna), lalu kita tebak, kalau kuning dari bahan apa, dan kalau putih dari bahan apa, gitu..?

sehelbert mengatakan...

emas adalah gold jadi wajar saja emas putih itu emas yg di campur dgn logam lain hingga memberikan efek emas warna putih tetapi tetap emas atau gold.dan platina bukan emas putih karna platina bukan emas atau gold.platina adalah platina atau platinum.

bowo mengatakan...

mas putih campuran apa senyawa ?

Anonim mengatakan...

banyak yg komentar ... jadi bingung, mana yg bener ...

Anonim mengatakan...

banyak yg komen ... jadi bingung, mana yg bener ...???.

Anonim mengatakan...

klo april ini berapa ya hrg emas putih per gram?

dedeng deng mengatakan...

emas putih itu hasil campuran mas murni,nikel,platinum,and poladium,,,,yang menghasilkan mas putih berkadar 75% ada 70% tergantung jumlah campuran yang akan d masukkan....

dedeng deng mengatakan...

klau masalah harga mas putih,,,itu mengacu pada harga mas murni pada saat itu,<

Anonim mengatakan...

Tp kok ada yg bilang justru platinum lbh mahal dr emas yaa??

Budak Baonk mengatakan...

pada ngaco kabeh..

Anonim mengatakan...

Saya rasa mungkin masuk salah kaprah ya ... ada yg bilang bilang platina itu emas putih , padahal kyaknya emang platina itu jenis logam lain ....
karena di onderdil kendaraan ada yg menggunakan platina ... Well gk mungkin juga soalnya Onderdil kendara'an terbuat dari emas putih ...
Ma'av cuma pemikiran saya ....

yab mengatakan...

artikel lumayan bagus, tapi gara2 ada tambahan update malah membingungkan..

italy silver mengatakan...

maaf nambah komen. emas putih dipasaran kita bukan terbuat dari platinum atau platina. melainkan terbuat dari emas kuning yang kemudian dilapisi dengan rhodium ( rhodium: gold plated putih) mengenai kadar 75% atau 70% itu tergantung pabrik yang produksi. jadi sebenernya emas putih : emas kuning kadar tertentu yang dilapisi dengan emas putih Rhodium, semoga bermanfaat

italy silver mengatakan...

emas putih merupakan emas kuning kadar tertentu yang dilapisi dengan emas putih. bukan platinum. jadi kl dipakai lama akan memudar menjadi kuning kembali atau kl di gosok dengan amplas akan kelihatan dalam nya kuning
jadi hanya lapisannya saja yg putih
kl kadar tergantung pabrik yg produksi mau kadar berapa %

Anonim mengatakan...

Aq udh lbih 10 thun krja di tmbang emas.... Gk prnah dgr ada tmbang emas putih....????

HaZto Pradigdo mengatakan...

Anonim yg terhormat, maaf coba dikaji lagi pernyataan anda sebelumnya..
Sedikit penjelasan mengenai emas putih,
Jenis emas putih adalah emas yang dicampur dengan logam lain yang berwarna keputihan, seperti nikel, perak atau palladium. Orang awam sering menyamakannya dengan platina. Emas putih berbeda dari platina. Platina adalah logam mulia dengan symbol kimia Pt, jadi jelaslah beda antara emas putih dan platina. Platina mempunyai titik lebur 1.775 derajat celcius lebih tinggi daripada emas sehingga susah dibentuk menjadi perhiasan. Harga platina lebih mahal dibandingkan emas putih

Septian Dwi Pratama mengatakan...

Kesimpulannya, emas putih sesungguhnya adalah emas asli ditambah dengan campuran logam lain seperti perak, paladium, nikel, dan platina. Warna asli emas adalah kuning. Tak ada emas yang warna aslinya putih. Memang ada logam mulia lain yaitu platina, yang dinamai “emas putih” oleh orang awam (bukan ahli mineralogi). Dinamakan “emas putih” mungkin karena warnanya memang putih dan termasuk logam mulia seperti halnya emas. Bahkan harganya lebih mahal daripada emas karena langka. Namun menamakan platina “emas putih” adalah salah kaprah karena tak sesuai dengan istilah emas putih di kalangan ahli mineralogi. (Abdurrahman bin Fahad Al-Wada’an Ad-Dusiri, ibid., hal. 22-23).

mantau mengatakan...

ya pokoknya gitulah :d gitu aja kok repot

Anonim mengatakan...

Kacaw, engga jelas semua.
Makanya kalau mengutip tulisan orang lain harus dikasih catatan sumber nya darimana, jangan asal copy paste aja. niat hati biar dikira pintar malah sebaliknya.......

Anonim mengatakan...

bukan di indonesia saja,di taiwan harga jual emas putih lebih rendah dripada harga beli mas putih tu sendiri,a mau nanya nich,bagaimana caranya melihat palsu tau murninya emas putih tu?tau apakah da simbol2tertentu yg tertulis di emas tu sendri,makasih

Anonim mengatakan...

Jadi sebenernya emas putih bagus ga sih? Ntar beli mhal waktu djual lg anjlok harga.nya...

galang gemilang mengatakan...

sepertinya saya salah web yg saya carikanpengertian emas murni 24 karat dan 22 karat

Anonim mengatakan...

saya rasa postingan ini gak salah juga, emas putih itu harusnya memang platina ttp klo toko emas pastinya gak jual platina ato paladium krn pasarnya ga ada disini, ngakalinya ya pake nikel, mrk blg itu emas putih, harusnya hrg emas kuning n putih utk perhiasan ya sama ajah

Anonim mengatakan...

Secara kimia emas kuning (Aurum) emas Putih (Platinum) harga platinum bisa sampai 4x lebih mahal dari emas kuning.
yang beredar di pasaran kebanyakan benar seperti artikel di atas baik emas putih maupun kuning berasal zat yang sama hanya campurannya yang berbeda dan pasti bukan platinum (yang beredar di toko emas kebanyakan, tidak tau deh kalo di toko perhiasan elit) sehingga harga emas putih (yg ada di pasaran kebanyakan) lebih murah dari emas kuning.

devi mengatakan...

Saya mo tanya,,saya bli kalung 75 kadar hrga'y 1.4 liontin'y 415,anting 320 saya ngerluarin dwt 2.135000 udah setahun,tpi knpa saya mo jual malah jatoh harga'y jdi 192000 tuh blom t'mksud ptongan pdhal g ad msalah dngn emas'y
Trima kasih

dian agung mengatakan...

Menurut saya blog ini benar adanya emas putih itu campuran antara emas murni dengan NIKEL,saya tau karena saya bekerja di pabrik perhiasan

Heri Armunanto mengatakan...

coba baca artikel ini :
http://www.anashir.com/2012/11/221430/412057/10-logam-paling-berharga-di-dunia

hudha_nur844ntal mengatakan...

Hasil perpaduan emas dengan logam lain akan menghasilkan warna yang berbeda-beda, contohnya adalah sebagai berikut:
Emas Merah: emas murni+tembaga
Emas Kuning: emas murni+perak murni
Emas Putih: emas murni+timah sari + nikel + perak murni
Emas Hijau: emas murni + perak murni + kadmiun + tembaga
Emas Biru: emas murni + besi
Emas Jingga: emas murni + perak murni + tembaga
Emas Coklat: emas murni + palladium + perak murni
Emas Abu-abu: emas murni + tembaga + besi
Emas Ungu: emas murni + alumunium

Anonim mengatakan...

di amplas pakai sabut cuci piring yg dari serat kawat, ntar juga ketahuan warna aslinya kuning atau putih, Komeng Italy Silver masuk akal juga kalau itu dilapisi rhodium, soalnya ogud pernah experimen, di amplas kelihatan dalemnya warna kuning (emas), akhirnya ogud bakar sampai merah membara pakai kompor gas, jadi warnanya berubah keunguan, cakep dech ^_^

Eka Pristalita mengatakan...

Rame.....

Anonim mengatakan...

ini penjelasannya juga sama seperti yang di
http://cikubembem.blogspot.com/2005/11/emas-putih-bukan-platina.html

Anonim mengatakan...

Ah,parah nih....emas putih bukan platina.emas putih yaa logamnya emas dan dicampur bahan logam lain.platina yaa logam nya platinum.
Laah,logamnya aja bedaaa.....

adi Suwarno mengatakan...

Si mas anonim sotoy mentang mentang nama nya sama2 platina disamain sama onderdil motor. Belajar lagi dah.

adi Suwarno mengatakan...

Klo ga tau jangan sotoy mas anonim. Udah jelek2'n artikel orang ga tau nya sotoy. Pltina logam jangan di sama'n sama onderdil motor. Itu hanya nama aja yg sama diroko juga ada nama platinum apa mau disamain sama'n juga. Ga tau lbh baik diam dari pada ngotorin artikel orang lbh baik diam klo ga tau tanya n belajar

BD mengatakan...

thanks ya atas postingan nya...thanks jg buat koreksi yg bermanfaat dari italy silver dan lainnya...

Anonim mengatakan...

hmm... nyimak...

alif aas mengatakan...

Asikkkk......makin panas aja ni sob coment nya..hahahah
Santai dikit ngapa.... heheh.
Adu pendapat dingin gtu...jgn kaya capres...hehe...

alif aas mengatakan...

Santai bro....hahaha

Poskan Komentar