Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Nama

Email

Pesan

Cara Investasi Emas Batangan

Cara investasi emas batangan - Emas batangan merupakan benda yang dapat dijadikan sebagai investasi. Bagi yang ingin memulai investasi emas, emas batangan merupakan bentuk emas yang perlu dipilih. Mengapa bukan emas perhiasan? Hal ini karena harga emas batangan memiliki kecenderungan harga yang stabil daripada emas perhiasan. Apabila dijual kembali pun harga potongannya tidak terlalu besar. Berikut cara investasi emas batangan.

Untuk memulai investasi emas dengan menggunakan emas batangan, pilihlah emas yang memiliki berat setidaknya 25 gram. Hal ini karena memilih emas batangan dengan berat yang lebih berat dari 25 gram menjadi lebih mahal perhitungan harganya. Yang lebih baik lagi jika mungkin untuk dilakukan adalah memilih emas batangan dengan berat 100 gram. Hal ini bisa lebih menghemat sekian rupiah (harga emas per gram yang berlaku saat ini) per gram dibandingkan dengan memilih emas batangan dengan berat yang lebih ringan. Bila dijual kembali, harga emas batangan bervariasi.

Prinsip dasar dalam melakukan investasi emas adalah membeli emas saat harganya turun kemudian dijual lagi saat harga emas meningkat. Dalam investasi emas, usahakan beri jangka waktu antara pembelian dan penjualan, paling tidak enam bulan ke depan. Hal ini dimaksudkan jika suatu saat ada kebutuhan uang yang mendesak, emas bisa digadaikan. Meski dalam perhitungan harga emas bila digadaikan jauh di bawah harga pasar, yang namanya kebutuhan mendesak, meski jauh lebih murah juga tidak apa-apa, daripada kebutuhan mendadak tersebut tidak terpenuhi.

Selanjutnya adalah perhitungan untung atau rugi dalam investasi emas batangan. Perhitungannya sangat sederhana, yaitu selisih antara harga ketika membeli dan saat menjual emas. Bila harga beli lebih kecil daripada harga jual, berarti laba. Investasi emas ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar setelah jangka waktu yang lama, minimal enam bulan atau satu tahun kemudian.

Investasi emas memang menggiurkan. Bila memungkinkan, pilih emas batangan dengan berat 100 gram, lalu periksa harga emas enam bulan kemudian. Bila kenaikannya tidak begitu tinggi sehingga laba kurang memuaskan, emas batangan bisa ditunda untuk dijual kembali dan menunggu lagi harga emas naik.

Itulah cara investasi emas batangan. Jadi, bagi yang ingin melakukan investasi emas, pilih emas batangan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.