Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu


Cara mengetahui emas asli atau palsu - Mengetahui perbedaan antara emas asli atau emas palsu merupakan hal yang perlu diketahui bagi orang yang ingin melakukan investasi emas. Jangan sampai emas yang mau diinvestasikan adalah emas palsu. Bukannya untung malah rugi. Dengan banyaknya orang yang melakukan investasi emas. Ada saja penjual nakal yang membuat emas palsu agar dijual dengan harga tinggi seperti emas asli.

Cara mengetahui emas asli atau palsu dapat dilakukan cara-cara berikut ini. Berikut adalah ciri-ciri emas palsu :

1. Bila didekatkan dengan magnet akan menempel.
2. Bila dijatuhkan akan terdengar bunyi nyaring.
3. Bila dicium berbau seperti bau besi.
4. Bila digoreskan pada kaca, kaca akan tergores.
5. Bila dipakai, akan menimbulkan rasa gatal pada kulit dan kulit menjadi hitam.
6. Bila dicampur dengan zat asam, seperti asam klorida dan asam sulfat, maka akan tampak larutan logam yang lain.
7. Bila digosokkan pada keramik, maka akan terdapat garis hitam pada keramik.
8. Bila digosokkan dengan menggunakan jarum, jarum akan bengkok.

Untuk menguji apakah emas asli atau emas palsu dapat meminta bantuan ahli perhiasan untuk menguji emas dengan menggunakan sinar-X. Cara ini adalah cara yang paing cepat, paing aman dan paling mudah untuk menguji keaslian emas. Cara ini tidak menyebabkan emas mengalami kerusakan, namun memerlukan biaya.

Cara lainnya untuk menguji keaslian emas adalah dengan mengunakan larutan asam klorida atau asam sulfat. Caranya, ambil sedikit bagian emas dengan cara menyanyat dengan mengunakan pisau yang tajam lalu letakkan pada tabung kaca. Jangan lupa untuk memakan sarung tangan karet. Tuang sedikit asam pada emas. Bila ada logam lain, maka logam akan larut dan terpisah dari emas. Cara ini dapat menyebabkan kerusakan pada emas. Asam yang digunakan untuk melakukan pengujan juga merupakan bahan kimia yang berbahaya, karena dapat menyebabkan luka bakar.

Cara berikutnya yang lebih sederhana adalah dengan memakai perhiasan emas dan memeriksa apakah perhiasan emas tersebut dapat menghitamkan kulit atau tidak. Emas yang asli tidak akan menghitamkan kulit.

Menusuk emas dengan jarum juga bisa dilakukan untuk mengetahui emas asli atau palsu. Caranya tusuk jarum ke perhiasan emas. Bila jarum bengkok atau patah, maka perhaisan emas tersebut kemungkinan besar adalah emas palsu. Hal ini karena emas sangat lembut. Cara ini dapat menyebabkan kerusakan pada emas.

Cara lainnya untuk mengetahui emas asli atau palsu adalah dengan menggunakan magnet. Caranya, dekatkan magnet pada emas. Bila emas mendekat, maka emas tersebut bukanlah emas murni, melainkan mengandung campuran logam lain yang bukan emas.

Cara berikutnya adalah dengan menggosokkan emas pada keramik tanpa glasir. Bila terdapat garis hitam, itu merupakan pirit. Bila berwarna kuning emas, maka itu emas asl. Ubin keramik glasir bisa dibeli di toko bangunan.

Itulah cara mengetahui emas asli atau palsu. Semoga bermanfaat...

Sponsored Links:

{ 5 komentar... read them below or add one }

cek keaslian emas mengatakan...

Thanks infonya, saya memberikan alternatif lain untuk nge-chek nya gan...

Atha Steven mengatakan...

ijin comen gan
mantap bget
thanks ya pgetahuan'a :D

Izall Singkawang mengatakan...

Di Mana membeli jarum uji emas berstifikat ANTAM Gan?????

rajabakul mengatakan...

naice inifo

muh. arsyad mengatakan...

sipp!!

Poskan Komentar